• Kamis, 9 Desember 2021

Wakil Wali Kota Banjar Gencar Benahi PPID jelang Era Informasi 4.0

- Rabu, 3 November 2021 | 10:13 WIB
Wakil Walikota Banjar, Nana suryana bersama rombongan dari Komisi Informasi Jawa Barat (Wahyu Adam)
Wakil Walikota Banjar, Nana suryana bersama rombongan dari Komisi Informasi Jawa Barat (Wahyu Adam)

CIREMAINEWS, BANJAR - Pemerintah Kota Banjar melakukan pembenahan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menghadapi era informasi 4.0.

Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana menuturkan keberadaan PPID sangat penting, terlebih diera industri 4.0 informasi mengalir deras dengan cepat.

"Saat ini informasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Untuk itu kita harus respon cepat dalam memenuhi berbagai permintaan informasi yang dibutuhkan masyarakat," ujar Nana kepada wartawan, Selasa 2 November 2021.

Baca Juga: Komisi I DPRD Jabar Tampung Suara Perwakilan Pemekaran Garut Utara

Menurut Nana, Peran dan fungsi PPID, tidak hanya mengelola dan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, juga sebagai ujung tombak dalam membranding program kegiatan Pemerintah Kota Banjar kepada seluruh masyarakat.

“Sekarang ini kebutuhan akan informasi meningkat secara signifikan, meningkatnya kesadaran itu harus dibarengi dengan layanan pemberian informasi publik yang profesional dari pemerintah, dengan semangat pelayanan cepat, akuntabel, tepat, murah dan transparan," jelasnya.

Selanjutnya, dilaksanakan penilaian pada Dinas Komunikasi Informatika Kota Banjar selaku PPID Utama Kota Banjar dengan pemeriksaan dokumen-dokumen beserta kuesioner kelengkapan nilai meliputi Kelembagaan PPID, Standar Pelayanan Informasi, Informasi Berkala, Informasi Setiap Saat dan Informasi Serta Merta serta pemeriksaan Website PPID.

Kemudian Tim Komisi Informasi didampingi PPID Utama melanjutkan verifikasi kepada PPID Pembantu untuk melihat sistem dan standar pelayanan Informasi Publik. Dinas Pendidikan Kota Banjar dipilih langsung oleh Tim Penilai sebagai PPID Pembantu yang di uji petik.

Seperti diketahui, Peserta Monev Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada Badan Publik se- Jawa Barat Tahun 2021 terdiri dari 27 Daerah Kabupaten/Kota se- Jawa Barat, 11 Badan Usaha Milik Daerah, 37 OPD Pemerintah Provinsi Jawa Barat, 11 Instansi vertikal di Provinsi Jawa Barat, 14 Organisasi Non Pemerintah, 16 Partai Politik Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Priyo Pamungkas Kustiadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil Terima Tiga Aspirasi Perangkat Desa

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:56 WIB

Nenek Suwit Warga Ciamis Dilaporkan Hilang di Banjar

Minggu, 5 Desember 2021 | 19:14 WIB

Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Lari Marathon 4 KM

Minggu, 5 Desember 2021 | 08:09 WIB

Polisi Saba Bumi, Dekatkan Hati Masyarakat Banjar

Sabtu, 4 Desember 2021 | 05:56 WIB

BPBD Kuningan Siaga Antisipasi Dampak Fenomena La Lina

Senin, 15 November 2021 | 21:54 WIB
X