• Rabu, 10 Agustus 2022

Utamakan Kualitas Ryan Berhasil Ekspor 2 Ton Kopi Robusta ke Amerika

- Selasa, 7 Desember 2021 | 21:39 WIB
Saat pengiriman perdana dua ton Kopi Robusta ke Amerika.
Saat pengiriman perdana dua ton Kopi Robusta ke Amerika.

CIREMAINEWS.COM, Kuningan - Seorang petani kopi, Deskian Ryan Saputra berhasil mengekspor dua ton Kopi Robusta Desa Situgede, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan ke Amerika Serikat. Hal itu berkat kegigihannya menjaga kualitas dari kopinya. Pemiliki Kopi Anjung ini, atau yang akrab disapa Ryan Anjung menuturkan perjuangannya saat merintis untuk memasarkan kopi. 

"Sebelum bisa mengekspor ke Amerika, saya mensuplai kopi ke kedai - kedai kopi, karna kebetulan saya memiliki teman yang bekerja di Upnormal kemudian dia sekarang bekerja di perusahaan luar tersebut dari situ kita memiliki komunikasi yang baik dan pada akhirnya bisa ekspor kesana," terangnya.

Baca Juga: Urang Kuningan Asli? Yuk Ikutan Lomba Nyanyi Tamkot Kitchen

Rupanya untuk mengekspor kopi dibutuhkan komitmen dalam menjaga kualitas biji kopi itu sendiri. "Dibutuhkan waktu tiga bulam untuk pengecekan kualutas dengan dua kali pengecekan, bila dalam tiga bulan bisa terus lolos dalam pengambilan contoh, maka kopinya bisa diekspor ke Amerika," ujarnya.

 

Ryan mengatakan usahanya dalam menjaga kualitas biji kopi dimulai dari menanam hingga panen. "Jadi saat memanen tidak boleh asal, yang dipanen itu harus kopi petik merah, karena di pasar di Amerika itu, kebanyakan konsumen menyukai rasa kopi yang lebih keras," ujar Ryan.

Usai penyerahan bantuan bersama BI Cabang Cirebon.

Sedangkan, sambung Ryan, untuk penikmat kopi di Indonesia,  lebih menyukai campuran kopi susu. "Maka dari itu, sangat penting menjaga kualitas kopi  dan Alhamdulillah kemarin bisa mengirimkan ekspor ke Amerika," ucapnya.

 

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cecep Rusdianto Terpilih Sebagai Ketua MQEF

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:48 WIB

KKN Ribuan Mahasiswa Uniku di 64 Desa

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:12 WIB

Penghujung Petang, Pagar Putih Pendopo Roboh

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:41 WIB

Satgas Pangan Polres Kuningan: Stok BBM Aman

Rabu, 22 Juni 2022 | 15:15 WIB

Uniku Kembali Meraih Program Kampus Merdeka

Jumat, 17 Juni 2022 | 13:27 WIB

Aa Gym Ungkap Dua Ciri Pengusaha Muslim

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:08 WIB

Terpopuler

X