• Selasa, 17 Mei 2022

Dua Kecamatan di Kuningan, Deklarasikan Gerakan Bebas Sampah

- Rabu, 19 Januari 2022 | 17:04 WIB
Penandatanagan petisi Kuningan Bebas Sampah
Penandatanagan petisi Kuningan Bebas Sampah

CIREMAINEWS.COM , Kuningan - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Tina Wiryawati menyebutkan perlunya keseriusan dalam menuntaskan permasalahan sampah di Kabupaten Kuningan.

Maka dari itu, pihaknya mengadakan pelatihan budidaya magoti ke-tiga di Desa Sindang agung, Kecamatan Sindang agung, Kuningan Jawa Barat.

"Dengan budidaya magot, yang pangannya dari sampah organik bisa menambah penghasilan masyarakat juga dana kas desa, " jelas legislator Gerindra ini.

Setidaknya dalam pelatihan budidaya tersebut ada 36 kepala desa dan bumdes di Kabupaten Kuningan yang turut mengikuti ternak larva hitam.

“Gerakan ini harus diikuti dengan perubahan-perubahan kebijakan. Sehingga bisa sampai di akar rumput yakni di desa-desa, itu yang saya harapkan,”sambungnya.

Baca Juga: Tekuni Budidaya Magot, 24 Desa Kecamatan Ciawigebang Siap Tuntaskan Masalah Sampah

Dikatakan Tina, pelatihan akan terus berjalan hingga menjadi salah satu solusi dalam penanganan sampah.
"Sampah sendiri akan terus ada, karena masyarakat ada, dan sampah itu akan selalu dihasilkan, " tambahnya.

Menurutnya melalui budidaya magot ini desa akan lebih menjadi mandiri sebab peluang ekonomi dalam budidaya magot begitu besar.
“Kalau soal modal, sebetulnya kan minimal. Apa sih yang dibutuhkan, itu kan sampah, bisa dengan alat seperti baskom dan kayu, ini kalau dalam skala kecil ya seperti rumah tangga bukan industri. Karena paling penting, itu kesadaran dan keinginan untuk mengelola sampah secara masif,” terangnya.

Peternak Magot


Selain pelatihan budidaya magot, Tina membuat petisi Gerakan Kuningan Bebas Sampah (GKBS) tahun 2022. "GKBS ini dilatarbelakangi dari gerakan relawan para individu dan komunitas pegiat lingkungan dari berbagai wilayah kecamatan dan Desa di Kabupaten Kuningan," kata Tina.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Terkini

Asal Usul Nama Gunung Ciremai, Jawa Barat

Kamis, 14 April 2022 | 13:07 WIB

Ciremai 'Endless adventure Mounts'

Kamis, 14 April 2022 | 02:09 WIB

Unik! Sempatkan Tadarus Saat Demo 11 April 2022

Selasa, 12 April 2022 | 11:32 WIB

Terpopuler

X