• Selasa, 17 Mei 2022

Cara Unik Damkar Kuningan Atasi Serangan Kera Liar

- Minggu, 13 Februari 2022 | 16:45 WIB
Kera liar berada di atap rumah warga.
Kera liar berada di atap rumah warga.

CIREMAINEWS.COM , Kuningan - UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan menyisir keberadaan kera - kera liar di sekitar Desa Karangtawang, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan.

Selama sepekan Petugas Pemadam kebakaran beserta warga setempat melakukan mitigasi penyerangan Kera Ekor Panjang (Macaca Pascicularis) sejak Sabtu, (5/2/2022).

"Untuk wilayah mitigasinya sendiri berlokasi di Blok Pasawahan, Blok Babakan Cikondang, Blok Babakan Timbang, Desa Karangtawang Kecamatan / Kabupaten Kuningan," ujar Mh Khadafi Mufti, Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, Sabtu (12/2).

Baca Juga: Wujudkan Asa,Damkar Kuningan Kawal Aryanto Keliling Kota

Khadafi menuturkan adanya laporan serangan kera liar yang telah meresahkan masyarakat maka pihaknya melakukan pengusiran hewan primata tersebut.

"Berdasarkan hasil mitigasi di wilayah hutan dengan kisaran luas 20 hektar dari habitat kera yang berdekatan dengan pemukiman warga, terlihat kera - kera itu mulai menjauh dari area permukiman dan di sekitarnya," ujarnya.

Mitigasi penyerangan kera liar.

Untuk mengusir hewan liar pihaknya pun mempunyai cara unik yakni dengan melakukan pemasangan pengusir primata  dengan menggunakan bahan-bahan bebauan. "Kita menggunakan bahan - bahan yang memiliki bau tajam seperti kapur barus dan terasi yang dicampur kurang lebih seratus buah di gantung sekitar tempat-tempat yang sering disinggahi hewan kera," papar Khadafi.

Biasanya, sambungnya, kera - kera berada di
gedung sekolah, tanaman palawija, pepohonan pinggir jalan raya, dan di atap warung. "Di hari kedua pengusiran koloni kera liar berhasil dilakukan. Alhamdulillah mereka tidak lagi datang hingga hari ke enam," terangnya.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asal Usul Nama Gunung Ciremai, Jawa Barat

Kamis, 14 April 2022 | 13:07 WIB

Ciremai 'Endless adventure Mounts'

Kamis, 14 April 2022 | 02:09 WIB

Unik! Sempatkan Tadarus Saat Demo 11 April 2022

Selasa, 12 April 2022 | 11:32 WIB

Terpopuler

X