• Selasa, 17 Mei 2022

BTNGC Bantah Tudingan Dugaan Bisnis Dibalik Rencana Penyadapan Pinus

- Kamis, 24 Maret 2022 | 16:51 WIB
Saat audiensi LSM lingkungan bersama Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai.
Saat audiensi LSM lingkungan bersama Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai.

CIREMAINEWS.COM , Kuningan- Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) menjawab pertanyaan sejumlah aktivis penggiat alam terbuka soal zona tradisional di Balai TNGC, Manislor, Kamis (24/3).

Dikatakan Teguh Setiawan, pihaknya akan merespon aspirasi tersebut secara tertulis melalui surat resmi. "Kami akan menyampaikannya secara elegan dan menghargai adanya aspirasi yang disampaikan LSM Aktivitas Anak Rimba (AKAR) melalui surat resmi. Maka kita akan menjawabnya dengan tertulis juga," ujarnya.

Baca Juga: Sejak SD Remaja 13 Tahun, Taklukan Gunung Ciremai dan Slamet

Teguh menjelaskan untuk mengakomodir pemungutan hasil hutan bukan kayu di kawasan BTNGC bisa diterima dalam skema kemitraan konservasi di zona tradisional.

Sementara, zona tradisionalnya itu sendiri hingga saat ini belum terbentuk. "BTNGC masih dalam posisi mengevaluasi aspirasi masyarakat sekitar kawasan tentang pemungutan HHBK ini,"sambungnya.

Menurutnya saat menentukan keputusan kegiatan di lingkungan Ditjen KSDAE Kementerian LHK, pihaknya memegang teguh 5 prinsip, yakni prinsip regulasi atau dasar aturan. Kalau kegiatan itu melanggar aturan, tentu tidak bisa dilakukan.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Teguh Setiawan.

"Kedua adalah Evidence Base, atau bukti-bukti resmi yang mendukung kegiatan tersebut bisa dilaksanakan. Apakah benar masyarakat yang mengajukan ini tinggal di desa sekitar kawasan atau tidak, dan bukti lainnya," sambungnya.

Ditambahkan Teguh, untuk prinsip ketiga yang dipegang adalah Experience Base, pengalaman, di tempat lain ada atau tidak.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asal Usul Nama Gunung Ciremai, Jawa Barat

Kamis, 14 April 2022 | 13:07 WIB

Ciremai 'Endless adventure Mounts'

Kamis, 14 April 2022 | 02:09 WIB

Unik! Sempatkan Tadarus Saat Demo 11 April 2022

Selasa, 12 April 2022 | 11:32 WIB

Terpopuler

X