• Selasa, 17 Mei 2022

Rotan Karya Warga Binaan Tembus Pasar Eropa

- Jumat, 25 Maret 2022 | 06:20 WIB
Produk rotan buah tangan warga binaan permasyaratan (WBP) Lapas IIA Kuningan.
Produk rotan buah tangan warga binaan permasyaratan (WBP) Lapas IIA Kuningan.

CIREMAINEWS.COM, Kuningan - Puluhan warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kuningan, mendapatkan pelatihan merakit dan menganyam jenis perabotan mebelair berbahan rotan sintetis.

Kepala Lapas II A Kuningan, Gumilar Budi Rahayu menjelaskan pelatihan tersebut guna meningkatkan keterampilan kerja WBP agar siap kerja.

Pihaknya pun menggandeng perusahaan produksi perabotan berbahan dasar rotan sintetis dari Cirebon untuk memberdayakan dan meningkatkan keterampilan kerja 28 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Baca Juga: BTNGC Bantah Tudingan Dugaan Bisnis Dibalik Rencana Penyadapan Pinus

"Jadi perabot rumah tangga yang dibuat diantaranya kursi, meja, tempat tidur, kursi pantai dan yang lainnya," terang Gumilar, Jumat 25 Maret 2022.

Dikatakan Gumilar, selama sepekan WBP mendapatkan pelatihan merakit dan menganyam rotan perabotan ini." Produk yang dihasilkan para WBP ini seminggu sekali diambil oleh pihak perusahaan. Mereka mendapatkan upah dari hasil kerjanya," ujarnya.

Dari upah yang diberikan pihak perusahaan ini, para WBP yang diberdayakan bisa menyisihkannya untuk tabungan bahkan hingga bisa mengirim ke orangtuanya.

Mebeler terbuat dari rotan sintetis hasil karya WBP lapas IIA Kuningan.

"Produk hasil WBP kita ini kualitasnya sudah kualitas ekspor, bahkan sudah sampai ke beberapa negara di Eropa," kata Kalapas.


Kalapas berharap keahlian pembuatan perabot rumah tangga ini bisa menjadi bekal para WBP untuk bekerja nanti setelah keluar dari Lapas.
"Bahkan mungkin saja mereka nanti bekerja di perusahaan yang saat ini bekerjasama dengan kita," tandasnya.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asal Usul Nama Gunung Ciremai, Jawa Barat

Kamis, 14 April 2022 | 13:07 WIB

Ciremai 'Endless adventure Mounts'

Kamis, 14 April 2022 | 02:09 WIB

Unik! Sempatkan Tadarus Saat Demo 11 April 2022

Selasa, 12 April 2022 | 11:32 WIB

Terpopuler

X