• Selasa, 17 Mei 2022

282 Kelompok Seni Kuningan Lolos TDOK

- Kamis, 31 Maret 2022 | 12:09 WIB
Pimpinan Kelompok Seni menerima TDOK.
Pimpinan Kelompok Seni menerima TDOK.

CIREMAINEWS.COM , KuninganGuna meningkatkan ekonomi para pelaku seni, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kuningan mengeluarkan Tanda Daftar Organisasi Kesenian (TDOK) bagi ratusan kelompok seni di Kabupaten Kuningan.

Kasi Kelembagaan dan Prasarana, Didin Rasidin mengatakan dari 507 kelompok seni baik tradisional maupun modern yang mendaftar, terdapat 282 grup kesenian yang terverifikasi dan menerima TDOK.

" Melihat terjadi banyak permasalahan. Ada pimpinan grup yang melalukan hal tidak baik kepada pimpinannya. Maka dari permasalahan itu muncullah kebijakan verifikasi grup seni dengan standar kelayakan minimal. Semua hak dan keputusan diserahkan kepada tim verifikasi, " kata Didin , Kamis (31/3/2022).

Baca Juga: Pasca Pandemi Tipe-X Band Tampil Perdana di Pensi SMK Karnas Kuningan

Dijelaskan Didin, dengan TDOK para pelaku seni dapat mengikuti peningkatan kualitas keterampilannya dalam berkesenian yang difasilitasi oleh pemerintah daerah tiap tahunnya.

"Aturan dibentuknya TDOK tentunya sesuai dengan Perda tahun 2018, setiap orang yang berhimpun dalam kelompok seni harus ada pembinaan perizinan, " ungkapnya.

Disebutkan Didin, TDOK akan dikeluarkan pada bulan bulan Januari dan Juli di setiap tahunnya. "Karena hal ini terkait pengawasan dan penegakan. Pada bulan Januari lalu, Kami telah mengeluarkan sertifikat TDOK bagi 282 grup kesenian dan sisanya akan dilakukan pada bulan Juli 2022," tuturnya.

Saat pendataan terungkap banyaknya permasalahan , seperti dari 282 kelompok seni yang ada rupanya yang hanya memiliki keahlian kendang hanya seratus. "Yang terjadi saat pementasan maka grup seni yang kekurangan pemain akan mendatangkannya dari luar daerah, " terangnya.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Terkini

Asal Usul Nama Gunung Ciremai, Jawa Barat

Kamis, 14 April 2022 | 13:07 WIB

Ciremai 'Endless adventure Mounts'

Kamis, 14 April 2022 | 02:09 WIB

Unik! Sempatkan Tadarus Saat Demo 11 April 2022

Selasa, 12 April 2022 | 11:32 WIB

Terpopuler

X