• Selasa, 17 Mei 2022

Jelajahi Jejak Sunan Gunung Jati di Masjid Ar-Romli, Kuningan

- Rabu, 13 April 2022 | 20:26 WIB
Enam pilar sebagai simbol rukun enam. Terdapat seni ukir khas Kasepuhan Cirebon , yang berkaitan dengan penyebaran syiar Islam oleh Sunan Gunung Jati.
Enam pilar sebagai simbol rukun enam. Terdapat seni ukir khas Kasepuhan Cirebon , yang berkaitan dengan penyebaran syiar Islam oleh Sunan Gunung Jati.

CIREMAINEWS.COM - Menelusuri perkembangan Islam di Desa Puhun, Kecamatan Kadugede. Rupanya terdapat jejak syiar dari Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati yang terlihat dalam bangunan Mesjid Ar-Romli.

Hal itu nampak terlihat dari bentuk ukiran enam pilar yang khas dengan Keraton Cirebon yang terdapat di dalamnya.

"Cerita dahulunya wali ukir yang merupakan orang garut diperintahkan oleh Syekh Syarif Hidayatullah membuat pilar dengan ukiran khas Kasepuhan Cirebon pada tujuh masjid yang berada di Wilayah III Cirebon," tutur KH Engkos.

Baca Juga: Sambut Ramadhan Grand Cordella Sajikan Segala Menu Hanya Rp 80 Ribu

Rupanya enam penyangga pilar yang terbuat dari kayu jati membentuk persegi dan dilapisi kayu jati dengan ukiran khas kecirebonan memiliki arti penting bagi umat muslim.

"Dibuatnya enam tiang adalah sesuai rukun iman yang wajib diketahui sebagai umat muslim. Yakni iman kepada Allah SWT, iman kepada malaikat, iman kepada kitab Allah, iman kepada Rasulullah, iman kepada hari kiamat dan iman kepada qada dan qadar Allah," sambungnya.

Meski usianya telah mencapai satu abad namun pilar dan ukiran tersebut hingga kini masih kokoh dan terawat. Masjid Kasepuhan ini dibangun pada awal tahun 1900-an.

Dengan arsitektur khas Cirebon, Masjid Kasepuhan berdiri pada abad ke - 18

"Bila melihat dari pesantren yang dibangun oleh kakeknya yang tercatat di Kementrian Agama yakni sekitar tahun1940-an. Namun sebenarnya mesjid ini dibangun pada tahun 1908, sesuai dengan lahirnya ayah saya KH Mama Jubaedi yakni anak dari Abah Romli," jelasnya.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Asal Usul Nama Gunung Ciremai, Jawa Barat

Kamis, 14 April 2022 | 13:07 WIB

Ciremai 'Endless adventure Mounts'

Kamis, 14 April 2022 | 02:09 WIB

Unik! Sempatkan Tadarus Saat Demo 11 April 2022

Selasa, 12 April 2022 | 11:32 WIB

Terpopuler

X