Suhu Politik Menghangat, Bawaslu Kuningan Tingkatkan Wawasan Perangkat

- Kamis, 19 Mei 2022 | 20:34 WIB
Rakor penyelesaian sengketa pemilu.
Rakor penyelesaian sengketa pemilu.

CIREMAINEWS.COM- Ketua Bawaslu Kuningan, Ondin Sutarman,mengatakan pentingnya mengetahui potensi sengketa saat proses pemilu bagi perangkat dan peserta pemilu.

Maka pihaknya secara intens menyelenggarakan rapat koordinasi bertujuan menambah wawasan, pengetahuan dan sharing pengalaman peserta yang terdiri dari seluruh perangkat Bawaslu Kab. Kuningan, Ketua KPUD Kuningan dan Pengurus Cabang setiap partai politik yang ada di Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-14 Gerindra, Dede Ismail : Optimis Kemenangan Pemilu 2024

"Diharapkan semua perangkat pemilu, khususnya peserta pemilu dapat membuka mata untuk mau bersama-sama mewujudkan pemilu yang bersih dan berkualitas," ujar Ondin, Kamis (19/5/2022).

Hadir sebagai narasumber Guru Besar Politik Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung , Prof. Fauzan Ali Rasyid menuturkan pelaksanaan pemilu sudah lumrah jika suhu politik mulai menghangat.

"Suhu politik yang menghangat ini tak jarang bisa memicu permasalahan-permasalahan yang dapat bermuara pada proses sengketa pemilu," tambahnya.

Fauzan menganggap wajar jika pemilu merupakan kontestasi yang memiliki kompetisi bagi setiap peserta untuk mendapatkan suara-suara dari masyarakat.


"Pada realitanya dinamika yang terjadi ini dapat mempengaruhi kepada peristiwa-peristiwa hukum yang berkaitan dengan proses kepemiluan, " sambungnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Review , Dr. Ujang mengatakan aturan main tentang pelanggaran yang bisa menyebabkan sengketa harus jelas terlebih dahulu yaitu PKPU tahapannya itu sendiri.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gagal Panen, Pengaruhi Harga Beras di Kuningan

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB

Haul KH Ahmad Bagja, Napak Tilas Tokoh Perjuangan NU

Senin, 6 Februari 2023 | 17:48 WIB
X