Pastikan Data Selalu Akurat, BPS Kuningan Gelar Rakor

- Selasa, 20 September 2022 | 18:28 WIB
 Rakor Kabupaten Kuningan ' Mencatat untuk Membangun Negeri', Selasa (20/9/2022).
Rakor Kabupaten Kuningan ' Mencatat untuk Membangun Negeri', Selasa (20/9/2022).

CiremaiNews.com, KuninganPentingnya keakuratan dan transparansi dalam mengumpulkan data, terutama para petugas pendata untuk lebih bekerja lebih keras.

Hal itu mendasari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuningan untuk menggelar rapat koordinasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, yang bertajuk “Mencatat Untuk Membangun Negeri, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat'  di Hotel Horison Tirtasanita Kuningan, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Siapkah Kuningan menjadi Smart City? Begini Penjelasan Bupati


Kepala BPS Kabupaten Kuningan, Irna Apriyanti mengatakan tujuan dilaksanakan rapat koodrinasi tersebut sebagai upaya untuk memperluas partisipasi masyarakat, khususnya pemerintah daerah, stakeholders, dari dinas, kecamatan, sampai ke tingkat desa dan kelurahan.

Dikatakan Irna, Data Registrasi Sosial Ekonomi merupakan upaya pemerintah, dalam membuat satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022.

“Saya harap lewat rakor ini partisipasi aktif masyarakat dan pihak yang berkepentingan lebih baik dalam pembaharuan data secara berkesinambungan, terutama pemerintah daerah, hingga desa dan kelurahan. BPS dalam hal ini dipercaya pemerintah untuk pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi,”jelasnya.

Dirgahayu Hari Jadi Kuningan.

“Dari semua permasalahan ini maka perlu upaya perbaikan data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk, diperlukan ekosistem pendataan perlindungan sosial yang terintegrasi secara menyeluruh,”terang Irna

Irna menambahkan, manfaat pendataan ini nantinya dapat berguna untuk pemerintah daerah, untuk dijadikan dasar program penyaluran bantuan pemberdayaan dan perlindungan sosial, integrasi lintas sektoral, pemutakhiran data desa, dan upaya penstabilan data serta sebagai pusat data Nasional.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gagal Panen, Pengaruhi Harga Beras di Kuningan

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB

Haul KH Ahmad Bagja, Napak Tilas Tokoh Perjuangan NU

Senin, 6 Februari 2023 | 17:48 WIB
X