Mahalnya Silaturahmi, Budaya Bangsa Indonesia Mulai Tergerus

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 16:20 WIB
Seniman dan Budayawan Indonesia, Acil Bimbo.
Seniman dan Budayawan Indonesia, Acil Bimbo.

CiremaiNews.com, Kuningan - Meningkatkan rasa cinta terhadap budaya bangsa, Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Kuningan menyelenggarakan Seminar nasional dengan tema Budaya Kita di Gedung Student Center Iman Hidayat, Kampus Uniku.

Seminar yang digelar dalam bulan kelahiran bahasa Indonesia ini menghadirkan Budayawan Nasional yakni Rd. Darmawan Dajat Hardja Kusumah, atau yang akrab disapa Acil Bimbo dan Budayawan lokal, Dodo Suwondo.

Baca Juga: Uniku Masuk 100 Besar PTS Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022

Ketua Pelaksana, Ida Hamidah mengatakan bulan Oktober adalah bulan kelahiran bahasa Indonesia,yang puncaknya jatuh pada 28 Oktober.

"Dalam rangkaian kegiatan Bulan Bahasa ini selain seminar budaya, Kami juga menyelenggarakan Lomba Debat dan Lomba Musikalisasi yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober, sedangkan puncak acaranya tanggal 29 Oktober nanti, akan ada Seminar Nasional yang kami sebut dengan Forum Ilmiah Nasional dengan tema Pemertabatan Bahasa Indonesia di Tingat ASEAN,” jelas Ida. Selasa (18/10/2022).

Seminar nasional tersebut, sambungnya, akan mengambil tema Pemertabatan Bahasa Indonesia di Tingkat ASEAN tersebut akan menghadirkan 4 (empat) orang narasumber.

Seminar Nasional 'Budaya Kita', Universitas Kuningan.

Sementara itu, Budayawan Acil Bimbo mengungkap saat ini baik di daerah maupun skala nasional, konsentrasi terhadap budaya itu kurang berbeda dengan negara lain. "Contohnya seperti di China, siapa sih tidak kenal dengan Kungfu, atau di Amerika ada Elvis Presley. Jika di negara luar sana , apresiasi terhadap seni itu sangat tinggi sehingga memberikan efeknya hingga dunia," ujar Kang Acil.

Sedangkan di Indonesia, sambung Acil, memiliki potensi yang lebih besar sehingga sudah sepatutnya melestarikan dan merawat budaya dan seni dari tanah air hingga mendunia.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gagal Panen, Pengaruhi Harga Beras di Kuningan

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB

Haul KH Ahmad Bagja, Napak Tilas Tokoh Perjuangan NU

Senin, 6 Februari 2023 | 17:48 WIB
X