Peringati Hari Santri Nasional, Fatayat NU Kuningan Gelar Festival Barzanji

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:03 WIB
Penyerahan Piala Bupati bagi peserta Barzanji V.
Penyerahan Piala Bupati bagi peserta Barzanji V.

CiremaiNews.com, Kuningan - Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kuningan menyelenggarakan Festival Al Barzanji V di Pondok pesantren (Ponpes) Al Harus di Pendopo Kabupaten. Rabu (16/10/2022).

Ketua Fatayat NU Kuningan, Dadah Samrotil Fuadah mengatakan Festival Barzanji V digelar untuk pelajar SMA/SMK/dan MA. "Festival Barzanji V tahun ini, pertama kali diselenggarakan untuk pelajar karena di tahun sebelumnya pesertanya untuk ibu - ibu," ujar Dadah yang juga Ketua Panitia.

Baca Juga: Dadah Samrotil Fuadah Terpilih Jadi Ketua PC Fatayat NU Kuningan

Dikatakan Dadah, sebanyak 20 kelompok pelajar putra/putri dari SMA/SMK dan MA di Kabupaten Kuningan menjadi peserta Festival Barzanji.

"Selain menyambut HSN acara ini juga diselenggarakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sedangkan untuk persiapan kegiatannya selama dua pekan. Alhamdulillah mendapat respon yang positif," terang Hj Dadah.

Dikatakan Hj Dadah, tujuan dari festival barzanji sendiri agar generasi muda menjadi generasi yang berakhlakul karimah dan mengetahui akan sejarah.

Baca Juga: Tina Wiryawati : Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Generasi Z Penentu Bangsa
"Sebab sejarah merupakan landasan dalam perjuangan. Maka generasi yang berakhlakul karimah tidak akan melupakan sejarah. Sejarah Nabi Muhammad sebagai Uswatun Hasanah bagi ummatnya,"sambungnya.

Pihaknya berharap dengan adanya Festival Barzanji generasi muda agar bisa membaca dan mengimplementasikan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan Festival Barzanji juga karena kerjasama antara pemerintah daerah dengan Fatayat NU dan didukung oleh semua organisasi keagamaan.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Terkini

Gagal Panen, Pengaruhi Harga Beras di Kuningan

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB

Haul KH Ahmad Bagja, Napak Tilas Tokoh Perjuangan NU

Senin, 6 Februari 2023 | 17:48 WIB
X