• Kamis, 1 Desember 2022

FKUB Kuningan Gagas Kampung Kerukunan Beragama

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:39 WIB
Ketua FKUB Kuningan, Fenny Rahmans.
Ketua FKUB Kuningan, Fenny Rahmans.

CiremaiNews.com, Kuningan - Seratus hari pasca pelantikan pada 7 Oktober 2022, organisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kuningan, telah menyelenggarakan berbagai macam kegiatan penguatan kerukunan umat beragama.

Ketua FKUB Kuningan, KH Fenny Rahman mengatakan dengan diwakili oleh para pemuka dari enam agama yang ada di Indonesia diantaranya Islam, Katolik Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu telah melakukan kunjungan ke tokoh - tokoh agama dan penyuluhan kepada masyarakat soal pentingnya toleransi kerukunan beragama.

Baca Juga: Peringati Hari Santri Nasional, Fatayat NU Kuningan Gelar Festival Barzanji

" Karena toleransi itu sangat penting dan sesuatu hal yang indah, jika Kita bisa merawat dan memupuk kebersamaan masyarakat dalam sebuah ikatan toleransi," ujarnya.

Pihaknya bersyukur, di Kabupaten Kuningan toleransi kerukunan beragama antar warga sangat tinggi."Gangguan terhadap kerukunan umat beragama dalam program 100 hari kepengurusan saat ini, nyaris tidak ada konflik tentang intoleransi yang ada di masyarakat," sambungnya.

Saat ini, pihaknya pun tengah menggagas berdirinya Kampung Kerukunan Beragama atau Desa Kerukunan Beragama, seperti di Desa Cisantana dan Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: Pasamoan Kuningan Ajak Perempuan Lintas Agama, Penguatan Kohesi Sosial dan Moderasi Beragama

" Berdirinya Kampung Kerukunan tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat setempat dan ditindaklanjuti oleh FKUB.
Kita harapkan kerukunan bukan hanya slogan namun juga bisa diaplikasikan pada kehidupan masyarakat di Kabupaten Kuningan," sambungnya.

Untuk memperkuatkan kerukunan umat beragama, pihaknya pun akan membuat simpul-simpul komunitas kerukunan antar umat beragama seperti dibentuknya badan-badan otonom yang ada di bawah bimbingan FKUB Kuningan dari komunitas semua agama yang ada di Kabupaten Kuningan.***

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Terkini

PWI Jabar Boyong Piala Presiden Powarnas XIII Malang

Sabtu, 26 November 2022 | 18:10 WIB

Peran Perempuan di Ranah Politik Lokal

Senin, 24 Oktober 2022 | 13:15 WIB

FKUB Kuningan Gagas Kampung Kerukunan Beragama

Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:39 WIB
X