• Kamis, 1 Desember 2022

Peran Perempuan di Ranah Politik Lokal

- Senin, 24 Oktober 2022 | 13:15 WIB
Usai pemaparan materi kesetaraan gender.
Usai pemaparan materi kesetaraan gender.

CiremaiNews.com - Suara keterwakilan perempuan di lembaga legislatif Kuningan, masih di bawah 30 %. Anggota DPRD Kuningan,Sri Laelasari berharap mahasiswi ikut andil dalam kontetasi politik 2024.

" Saat ini di DPRD Kuningan, baru mencapai 21 %,  maka perlu lebih banyak lagi partisipasi perempuan agar pengambilan keputusan politik yang lebih akomodatif dan substansial. Selain itu, menguatkan demokrasi yang senantiasa memberikan gagasan terkait perundang-undangan pro perempuan dan anak di ruang publik,” ujar Sri Laelasari saat memberikan materi dalam agenda Kemah Ideopoliter (Ideologi, Politik dan Literasi)  PC IMM Kuningan di Buper Tenjo Laut, Palutungan, Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: Anggota DPRD Jabar, Bantu Kurangi Pengangguran Dengan BBM

Dikatakan Sri, partisipasi perempuan Indonesia dalam Parlemen masih sangat rendah. Menurut data dari World Bank (2019), negara Indonesia menduduki peringkat ke-7 se-Asia Tenggara untukii keterwakilan perempuan di parlemen.

"Rendahnya angka keterwakilan perempuan di parlemen sedikit banyak berpengaruh terhadap isu kebijakan terkait kesetaraan gender dan belum mampu merespon masalah utama yang dihadapi oleh perempuan,"sambungnya.

Salah satu kesempatan bagi kaum hawa untuk bisa memperjuangkan haknya adalah dengan ikut terjun ke dunia politik.
"Melalui lembaga legislatif, perempuan bisa memberikan sumbangsih pemikiran untuk membuat kebijakan yang pro kepada mereka," tandasnya.

 

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Kemah Ideopoliter PC IMM Kuningan, Muhammad Sahroji,  menuturkan Kemah Ideopoliter ini membicarakan 3 hal yakni ideologi, politik dan literasi.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI Jabar Boyong Piala Presiden Powarnas XIII Malang

Sabtu, 26 November 2022 | 18:10 WIB

Peran Perempuan di Ranah Politik Lokal

Senin, 24 Oktober 2022 | 13:15 WIB

FKUB Kuningan Gagas Kampung Kerukunan Beragama

Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:39 WIB
X