Warga Desa Panawuan Pertanyakan Status Lahan Gedung PLUT

- Jumat, 4 November 2022 | 16:10 WIB
Gedung PLUT Kuningan.
Gedung PLUT Kuningan.

CiremaiNews.com - Perwakilan masyarakat Desa Panawuan Kecamatan Cigandamekar mempertanyakan pembelian gedung bekas KUD oleh BUMDes dan masalah Pabrik Saus yang juga berada di tanah milik desa.

Perwakilan warga Panawuan pada pertemuan tersebut mempertanyakan status aset lahan, yang dikelola pemerintah daerah dan swasta.

Baca Juga: Sekda Kuningan : Rokok Ilegal Menghambat Pertumbahan Ekonomi Negara

Kades Panawuan, Adhe Saenudin menjelaskan permasalahan status tanah milik desa yang dipakai beberapa bangunan, diantaranya Kantor PLUT, Alfamart, Masjid, dan Pabrik Saus, sudah jelas.

"Untuk lokasi bangunan kantor PLUT semula dikelola kementerian, namun saat ini dikelola oleh Pemda Kuningan melalui Diskopdagperin," katanya.

Memang, sebelumnya bangunan kantor itu tidak disewakan. Namun saat ini, karena pengelolaannya sudah oleh pemerintah daerah, maka seizin Bupati, pihaknya sudah mengirimkan surat terkait permohonan uang sewa kepada Pemda Kuningan atas penggunaan aset tanah milik desa tersebut.

Greatings Sumpah Pemuda.

"Hal sama ketika ada tanah desa yang terpakai Jalan Lingkar Timur, itu juga ada uang sewanya ke desa," ujar Adhe.

Kemudian terkait lahan yang digunakan bangunan Alfamart, Adhe menjelaskan, statusnya disewa oleh pihak swasta atau perorangan.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gagal Panen, Pengaruhi Harga Beras di Kuningan

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB

Haul KH Ahmad Bagja, Napak Tilas Tokoh Perjuangan NU

Senin, 6 Februari 2023 | 17:48 WIB
X