Sukses Bisnis Madu Kuningan, KCD Kehutanan Wilayah VIII Jabar Apresiasi Petani Milenial

- Selasa, 15 November 2022 | 16:03 WIB
Petani Milenial Amar Thohir, bersama Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Prov Jawa Barat.
Petani Milenial Amar Thohir, bersama Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Prov Jawa Barat.

CiremaiNews.com, Kuningan - Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Prov Jawa Barat berikan apresiasi kepada Amar Thohir, petani milenial yang berhasil menjadikan produk olahan madu dengan merk Madu Kuningan (MaKun) sebagai salahsatu produk unggulan Jawa Barat, dan berhasil terpilih sebagai UMKM Juara Jawa Barat Award tahun 2022, kategori minuman.

"Saya ucapkan selamat atas prestasinya. Alhamdulillah saya sangat bangga, dan memberikan apresiasi kepada salahsatu petani milenial yang berhasil mengembangkan produk turunan madu. Kita tahu madu banyak manfaatnya, dan ini diolah sedemikian rupa menjadi makanan dan minuman yang bervariasi," ungkap Ahmad Subagja, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Terseret Arus, Jenazah Petani 70 Tahun Ditemukan TIM SAR di DAS Cisanggarung

Bagja berharap prestasi yang diraih oleh petani milenial asal Desa Kreatif Bojong Wangunan, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan ini tak hanya berhenti sampai disini. Kedepannya dapat lebih menggaungkan madu yang merupakan salahsatu Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang sangat banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan.

Ia juga berharap, kedepan Jawa Barat menjadi lumbungnya madu. Meski pasti banyak kendala, ungkapnya, tapi jangan putus asa, karena ia yakin masih banyak petani-petani milenial seperti Amaar Thohir yang masih tersembunyi.

"Tujuan akhir dari pengembangan madu ialah, Jawa Barat menjadi lumbung madu. Mari kita sama-sama mengembangkan, mulai dari potensi diri pribadi, lingkungan, juga daerah kita masing-masing," terangnya.

Sementara itu, Amaar Thohir, mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang telah diberikan. Selain itu, kata Amaar, prestasi yang diraih tak lepas dari peran banyak pihak, salahsatunya adalah Dinas Kehutanan CDK Wilayah VIII Jabar yang telah memberikan pendampingan dan pembinaan, tak hanya dalam hal budidaya, tapi juga hingga ke pengemasan dan legalitas produk, hingga pemasaran.

GREATINGS HARI PAHLAWAN, H ARDIYAN.

"Alhamdulillah, peran Dinas Kehutanan tak hanya terkait budidaya, tapi juga bekerjasama dengan lintas sektor seperti Indag Jabar untuk memfasilitasi mulai dari kemasan, legalitas, hingga pemasaran seperti kurasi dengan ritel moderen, hingga akan ada program pameran di dalam dan luar negeri," ungkap Amaar.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Terkini

Gagal Panen, Pengaruhi Harga Beras di Kuningan

Selasa, 7 Februari 2023 | 17:56 WIB

Haul KH Ahmad Bagja, Napak Tilas Tokoh Perjuangan NU

Senin, 6 Februari 2023 | 17:48 WIB
X