• Kamis, 1 Desember 2022

Berada di Ufuk Timur Kuningan, Komunitas Baraya Gerilya Kesuksesan

- Selasa, 15 November 2022 | 17:29 WIB
Pelaku UMKM dari wilayah Kuningan Timur, tergabung dalam Komunitas UMKM Baraya.
Pelaku UMKM dari wilayah Kuningan Timur, tergabung dalam Komunitas UMKM Baraya.

CiremaiNews.com, Kuningan- Berada jauh dari kantor Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuningan, memacu jiwa kemandirian para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Kuningan Timur semakin tumbuh, hal tersebut disampaikan oleh Jakum, Ketua Komunitas Baraya, yang pengurus dan anggotanya didominasi para pelaku UMKM dari Kuningan Timur.

"Alhamdulillah, meski kami komunitas baru, namun secara mandiri, komunitas Baraya telah membuat banyak event bazar, salahsatunya seperti hari ini, kami bekerjasama dengan Pegadaian mengadakan bazar di Desa Sukaharja, Kecamatan Cibingbin, yang berada di ujung timur Kabupaten Kuningan," ungkap pria yang akrab disapa Gotut ini, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Sukses Bisnis Madu Kuningan, KCD Kehutanan Wilayah VIII Jabar Apresiasi Petani Milenial

Tak hanya kali ini saja, kata Gotut, sudah banyak sekali program gelar produk yang dilaksanakan oleh Komunitas Baraya secara mandiri di Kuningan Timur seperti pada event olahraga maupun lainnya.

"Sebagai pengusaha, kita harus mandiri, jangan hanya bergantung pada bantuan pemerintah. Kita tahu, bantuan pemerintah hanya stimulan, tidak akan berarti apa-apa jika kita sendiri tidak berjuang dan berusaha untuk kesuksesan usaha kita," lanjut Gotut.

Salahsatu tujuan dari seringnya gelar produk yang dilaksanakan oleh Komunitas Baraya secara mandiri, adalah untuk membantu memasarkan produk-produk anggota yang berjumlah sekitar 300 orang lebih.

GREATINGS HARI PAHLAWAN, H ARDIYAN.

"Kebanyakan pelaku UMKM bermodal kecil, kalau penjualan dilakukan di toko seperti toko modern dengan sistem konsinyasi tentu banyak yang tak sanggup. Dengan konsep bazar mandiri ini, produk anggota bisa terjual secara tunai," terangnya.

Gotut menerangkan, mandiri bukan berarti sendiri. Baraya tetap bekerja sama dengan semua pihak baik seperti pemerintah yang memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan seperti legalitas dan lainnya, ataupun dengan pihak swasta, hingga sesama komunitas UMKM.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PWI Jabar Boyong Piala Presiden Powarnas XIII Malang

Sabtu, 26 November 2022 | 18:10 WIB

Peran Perempuan di Ranah Politik Lokal

Senin, 24 Oktober 2022 | 13:15 WIB

FKUB Kuningan Gagas Kampung Kerukunan Beragama

Jumat, 21 Oktober 2022 | 14:39 WIB
X