• Minggu, 2 Oktober 2022

BPN Kuningan Deklarasikan Zona Integritas Bebas Korupsi

- Rabu, 19 Januari 2022 | 16:28 WIB
Penandatangan piagam deklarasi pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi.
Penandatangan piagam deklarasi pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi.

CIREMAINEWS.COM , Kuningan - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kuningan berkomitmen mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)  dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui Reformasi Birokrasi.

Keseriusan komitmen tersebut ditandatangani melalui penandatangan piagam pencanangan zona integritas Kanwil ATR/BPN Kuningan

Kepala Kantor BPN Kabupaten Kuningan, Surahman mengatakan untuk mewujudkannya,  pihaknya mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Kuningan bersinergi. 

"Khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. WBK atau WBBM adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan penguatan kualitas pelayanan publik," terangnya, Selasa (18/1/2021).

Baca Juga: Wakili Kemarahan Masyarakat Sunda. Dewan Kebudayaan Kuningan Sebut Arteria Dahlan Sombong

Dikatakan Surahman, institusi yang berstandar dunia adalah institusi yang menerapkan nilai-nilai kementrian seperti melayani, profesional, dan terpercaya.

Menuju ke WBK, pihaknya kini sedang melakukan alih media dari data analog ke data digital. Beberapa layanan yang saat ini sudah dilakukan dengan sistem elektronik, yaitu: Pendaftaran Hak Tanggungan Roya, Pengecekan Sertipikat, Informasi Zona Nilai Tanah, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah.

"Seluruh informasi pertanahan dan tata ruang dapat di akses dengan mengunduh aplikasi: sentuh tanahku, Gistaru serta pengelolaan administrasi perkantoran melalui aplikasi e-Office , persuratan, tandatangan elektronik, presensi kehadiran dan lain-lain," paparnya.

Pihaknya menyebutkan layanan dan akses informasi lainnya  bisa melalui SMS-delivery. "Selain itu juga ada KUPAT-KUNINGAN kepanjangan Kuningan, yaitu layanan pengantaran sertipikat yang sudah selesai KUantar SertiPikAT wilayah kepada pemohon Lansia, Disabel atau Pemohon yang jauh alamatnya dari Kantor Pertanahan, " tambahnya.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Terkini

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Senin, 19 September 2022 | 07:27 WIB

Safari Literasi Digital, Tingkatkan Kecakapan Netizen

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:52 WIB

Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
X