• Minggu, 2 Oktober 2022

Rasi Macan Tutul Jawa, Siap Dikawinkan dengan Sang Raja Rimba Ciremai

- Senin, 31 Januari 2022 | 18:13 WIB
Macan Tutul Jawa (Panthera pardus mela) bernama Rasih kini telah berada di Pondok Cinta, Taman Nasional Gunung Ciremai, Senin 31 Januari 2022. (Dokumen Balai TNGC.)
Macan Tutul Jawa (Panthera pardus mela) bernama Rasih kini telah berada di Pondok Cinta, Taman Nasional Gunung Ciremai, Senin 31 Januari 2022. (Dokumen Balai TNGC.)

CIREMAIMEWS.COM , Kuningan - Macan tutul betina, Rasi menunggu Slamet Ramadhan di kandang habituasi, pada ketinggian 915 meter dpl, Taman Nasional Gunung Ciremai, Senin 31 Januari 2022.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung  Ciremai  (Balai TNGC), Teguh Setiawan mengatakan kedatangan Rasi yang memiliki nama latin Panthera pardus mela pada pukul 04.30 WIB disambut baik oleh Balai TNGC, Pusat Penangkaran Satwa (PPS) Cikananga dan Kebun Binatang Gembiraloka.

"Alhamdulillah perjalanan panjang dari PPS Cikananga sepertinya tidak membuat Rasi stress dengan menunjukkan tingkah laku yang agresif, namun terlihat tenang," terangnya.

Baca Juga: Dadah Samrotil Fuadah Terpilih Jadi Ketua PC Fatayat NU Kuningan

Pengangkatan Rasih menuju ke kandang Habituasi kawasan TN Gunung Ciremai di ketinggian 950 mdpl.

Dikatakan Teguh, sekitar pukul 07.00 WIB, tim bergerak menuju kandang habituasi dengan dikawal Kasat Polisi Kehutanan TNGC, Oman Dede Permana dan tim Macan Tutul Balai TNGC.

"Berangkat jam 7 pagi, dam sampai ke kandang habituasi pukul 10.00 WIB, dan kondisi cuaca cukup hangat, jadi bisa memberikan kenyamanan bagi Rasi berpindah tempat," sambungnya.

Baca Juga: Wanita Muda Melahirkan Tanpa Merasa Hamil, Begini Kata Ahli Spiritual

Teguh menuturkan persiapan menyambut Rasi dimulai pada bulan November 2021 lalu. Yakni dengan berkoordinasi bersama LPPN Universitas Kuningan, Peduli Karnivora Jawa dan Sintas Indonesia.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Senin, 19 September 2022 | 07:27 WIB

Safari Literasi Digital, Tingkatkan Kecakapan Netizen

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:52 WIB

Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
X