• Minggu, 2 Oktober 2022

Gus An'im : Santri Wajib Diberikan Pemahaman Nilai Pancasila

- Senin, 23 Mei 2022 | 16:13 WIB
Sosialisasi 4 Pilar bersama Gus An'im Falachuddin (Ciremainews)
Sosialisasi 4 Pilar bersama Gus An'im Falachuddin (Ciremainews)

CIREMAINEWS - Anggota MPR RI, An'im Falachuddin memberikan Sosialisasi 4 Pilar kepada para santri di Aula PPHM Lirboyo Kota Kediri. Dalam lawatannya kali ini, Dirinya menyampaikan pentingnya menanam nilai Pancasila dalam kehidupan santri.

Acara yang mengusung tema " Penanaman Nilai-Nilai Pancasila pada Kehidupan Santri" ini mengedepankan nilai kehidupan dalam berbangsa dan bernegara sejak saat itu haruslah berdasarkan pada Pancasila. Pancasila sebagai konsensus nasional yang dapat diterima oleh semua paham, golongan dan kelompak masyarakat di Indonesia.

"melihat perkembangan Pesantren sebagai Pendidikan tertua di Indonesia sangat berkembang pesat dan besar. Perkembangannya pun tidak hanya pada tekstual, namun lebih mengikuti perkembangan zaman, dengan tujuan mempersiapkan siswa atau santri lebih maju, bukan hanya ahli di bidang agama, namun tentang kepemerintahan juga digalakkan dengan diadakan Pendidikan- pendidikan di Pesantren," ujar Gus An'im pada Jumat, 22 April lalu.

Menurutnya, sampai saat ini Pancasila masih saja dipertentangkan, seakan Pancasila masih belum menemukan titik terang dihati bangsanya sendiri. Pancasila masih diperdebatkan oleh banyak kalangan khususnya manusia yang berkedok sebagai panganut ajaran Islam.

"Seakan Pancasila tidak pas dijadikan dasar mayoritas Islam," ungkapnya.

Dirinya menggambarkan ungkapan “ luka lama hidup kembali” luka yang ditimbun dengan kata sepakat diolah kembali oleh orang- orang yang berfikir prematur dalam memahami Pancasila dan Islam pada masa kini. Seakan ulama- ulama terdahulu, yang ikut serta dalam perumusan Pancasila tidak memiliki pemahaman Islam yang hakiki, dengan menerima Pancasila sebagai dasar negara bukan Al Qur’an dan Hadist Nabi.

Gus An'im juga menyampaikan bentuk-bentuk perilaku yang mencerminkan nilai- nilai Pancasila pada kehidupan santri di Pesantren diantaranya seperti mengikuti program- program di Pesantren, misalnya, sholat wajib 5 waktu, sholat sunnah, membaca Al qur’an, membaca Nadlom.

"kegiatan istighosah, kesadaran dalam mentaati pertauran di Pesantren, haru jujur, adil, mandiri, akur, toleransi, saling membantu, gotongroyong, giat belajar, menjaga kebersihan, kesopanan, ketaatan, cinta tanah air, turut mengikuti upacara bendera," lanjutnya.

Dirinya juga menggambarkan dalam ranah Pendidikan, tidak terlambat masuk kelas, rajin belajar, berpaian rapi, menjaga kesopanan, menghormati guru, taat pada guru, tidak mencemarkan nama baik akademik atau lembaga, tidak melanggar apa yang menjadi peraturan sekolah dan Pesantren.

Halaman:

Editor: Priyo Pamungkas Kustiadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Senin, 19 September 2022 | 07:27 WIB

Safari Literasi Digital, Tingkatkan Kecakapan Netizen

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:52 WIB

Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
X