• Minggu, 2 Oktober 2022

Kiai Maman Sebut Pancasila Ide Cerdas Pencetus Negara Indonesia

- Rabu, 25 Mei 2022 | 10:20 WIB
Sosialisasi 4 Pilar bersama bu nyai dan ustadzah di Sumedang (Ciremainews)
Sosialisasi 4 Pilar bersama bu nyai dan ustadzah di Sumedang (Ciremainews)

SUMEDANG, CIREMAINEWS - Anggota Badan Kajian MPR RI, KH Maman Imanulhaq menggelar sosialisasi Pancasila, NKRI, UUD Tahun 1945, dan Bhineka Tunggal Ika.

Kiai Maman dalam pemaparannya menjelaskan soal Pancasila sebagai landasan idiil dalam bernegara. Pancasila adalah ideologi yang tak bisa lagi diganti-ganti. Katanya, karena Pancasila bangsa Indonesia yang terdiri dari ratusan suku bangsa dapat bersatu membentuk negara yang merdeka.

"Landasan idiil adalah ideologi dasar suatu negara yang memiliki kekuatan hukum yang bersifat mengikat bagi lembaga pemerintahan maupun masyarakat di negara tersebut. Landasan idiil identik dengan ideologi sebuah bangsa," kata Kiai Maman di Sumedang, 21 April lalu.

Kiai Maman juga menjelaskan soal pentingnya menjaga kerukunan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Apalagi jelas tertera pada Lambang Garuda Pancasila semoboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya "Berbeda-beda tetapi tetap satu".

Menurutnya, frasa itu diambil dari bahasa Jawa Kuno yang berarti bahwa Indonesia sadar akan perbedaannya namun memiliki cita-cita dan tujuan yang sama untuk membangun negara yang adil dan beradab.

"Saya rasa itu merupakan ide orisinalitas dari para pendiri bangsa dalam menentukan visi dan misi bangsa ini," terangnya.

Dalam pertemuan kali ini, dirinya menyempatkan untuk silaturahmi bersama para bu nyai dan guru pesantren yang ada di Sumedang.***

Editor: Priyo Pamungkas Kustiadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Senin, 19 September 2022 | 07:27 WIB

Safari Literasi Digital, Tingkatkan Kecakapan Netizen

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:52 WIB

Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
X