• Minggu, 2 Oktober 2022

Lindungi Situs Purbakala, Pemkab Ajukan Sanghyang Jadi Cagar Budaya

- Rabu, 15 Juni 2022 | 17:04 WIB
Taman Purbakala Cipari.
Taman Purbakala Cipari.

CIREMAINEWS.COM - Pemerintah Hindia - Belanda membentuk Oudheidkundige Dienst kini menjadi Dinas Purbakala atau Jawatan Purbakala, pada 14 Juni 1913.

Dari sanalah sejak tahun 2022, tanggal 14 Juni diperingati Hari Purbakala Nasional. Kabar gembira dalam momen tersebut, beberapa situs di Kabupaten Kuningan - Jawa Barat tengah diajukan menjadi Cagar Budaya termasuk situs Sanghiyang yang telah ada sejak 4000 tahun sebelum masehi.

Juru Kunci Sanghiyang, Mang Ukad menuturkan usia situs yang bernama Lingga ini telah berada sejak 4000 tahun sebelum Masehi.

Batu situs Linggayoni dan Arca Sapi di ares situ Desa Sagarahiyang.

Di lokasi situs yang juga sering disebut Sanghyang ini terdapat banyak bebatuan purbakala menyerupai makan, dan seperti perkakas rumah.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Emup Muplihudin membenarkan Situs Sanghyang saat ini jadi bukti sejarah Purbakala yang ada di Kabupaten Kuningan.

"Ya Situs Sanghyang itu salah satu, menurut pandangan kasat mata orang-orang yang pernah berkunjung ke sana, itu kelihatannya potensi untuk berubah status menjadi Cagar Budaya," ujarnya pada Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Daniel Johan Ajak Mahasisa Sambas Amalkan Pancasila

Dari nilai sejarah, usia dan kriteria lainnya, imbuh Emup, Situs Sanghyang sangat memenuhi untuk menjadi Cagar Budaya.
Pihaknya berharap dengan semangat momentum Hari Purbakala tahun ini, semoga Situs Sanghyang dan situs-situs lain yang telah ada di dalam catatan pihaknya agar bisa segera menjadi sebuah Cagar Budaya.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Terkini

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Senin, 19 September 2022 | 07:27 WIB

Safari Literasi Digital, Tingkatkan Kecakapan Netizen

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:52 WIB

Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
X