Lestarikan Tradisi Leluhur, Pemkab Kuningan Gelar Babarit

- Senin, 29 Agustus 2022 | 13:27 WIB
Peringati Hari Jadi Kuningan, gelar tradisi Babarit.
Peringati Hari Jadi Kuningan, gelar tradisi Babarit.

CiremaiNews.com , Kuningan - Pasca pandemi Covid-19, peringatan Hari Jadi Kuningan digelar dengan berbagai rangkaian kegiatan salah satunya dengan melestarikan tradisi budaya warisan leluhur yakni Babarit di Pendopo Kuningan, Minggu (28/8/2022).

Babarit sendiri adalah perayaan syukuran hasil panen atau sedekah bumi yang disuguhkan sebagai bentuk rasa syukur terhadap Sang Khalik.

Jika sebelumnya dalam tradisi tersebut disuguhkan tumpeng raksasa dengan diapit empat buah tumpeng kecil. Dalam perayaam Hari Jadi Ke-524 Kuningan, hanya terdapat ribuan nasi pincuk.

Baca Juga: Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Dalam hitungan menit, ribuan nasi bungkus ludes menjadi rebutan masyarakat yang menonton.

Selain menyuguhkan ribuan nasi pincuk panitia penyelenggara juga menyediakan 3050 karung beras dal kemasan 5 kilogram yang dibagikan kepada warga yang datang.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengatakan untuk menghindari kericuhan maka keberadaan nasi tumpeng raksasa diganti dengan ribuan bungkus nasi pincuk.

Dirgahayu Hari Jadi Kuningan.

"Kami sengaja mengganti tumpeng raksasa ini dengan nasi pincuk yang disediakan semua SKPD di lingkup Pemkab Kuningan untuk dibagikan ke masyarakat," ujarnya.
Selain itu, Acep mengatakan di usianya yang ke-514 tahun adalah bukan waktu yang sebentar bagi Kuningan dalam menapaki roda pembangunan.

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X