• Kamis, 1 Desember 2022

An'im Falachuddin Sebut Tiap Manusia Penting Interaksi Sosial Dalam Berbangsa dan Bernegara

- Sabtu, 17 September 2022 | 08:20 WIB
An'im Falachuddin
An'im Falachuddin

 

Ciremainews - Anggota MPR RI, An'im Falachuddin menyampaikan sosialisasi 4 pilar kepada kyai muda dan pengasuh Ponpes Hidayatul Mubtadiin Papar, Kediri.

Pada kesempatan tersebut, An'im menyelipkan pentingnya Interaksi sosial yaitu hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi, baik dari individu kepada individu, individu kepada kelompok dan dari kelompok kepada kelompok.

"Di dalam interaksi sosial juga melibatkan komunikasi seperti bahasa dan symbol, agar antar individu dapat saling bertukar makna dan pemikiran satu sama lain. Interaksi Interaksi sosial adalah kunci dari semua kehidupan sosial, oleh karena tanpa interaksi sosial, tak mungkin ada kehidupan bersama," ujar An'im di Aula Ponpes Hidayatul Mubtadiin Papar Kabupaten Kediri,(15/09/2022).

Disatu sisi agama ini mampu menciptakan stabilitas ditengah-tengah masyarakat dan disisi lain menjadi ancaman disintegrasi dan konflik yang tak pernah usai bagi kalangan masyarakat. Kerukunan umat beragama adalah suatu bentuk sosialisasi yang damai dan tercipta berkat adanya toleransi agama. Toleransi agama adalah suatu sikap saling pengertian dan menghargai tanpa adanya diskriminasi dalam hal apapun, khususnya dalam hal agama.

"Kerukunan umat beragama adalah hal yang sangat penting untuk mencapai sebuah kesejateraan di negeri ini. Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki keberagaman yang begitu banyak," tegasnya.

Tak hanya masalah adat istiadat atau budaya seni, tapi juga termasuk agama. Pada umumnya di Indonesia mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, tetapi ada juga beberapa agama lain yang dianut seperti agama Kristen, Khatolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu. Semua agama mempunyai aturan yang berbeda antara satu agama dengan agama yang lainnya dalam beribadah. Meskipun mempunyai memiliki perbedaan tetapi tetap harus menjaga persatuan dan kesatuan.

Begitu pula kerukunan antar umat beragama, jangan sampai dengan adanya perbedaan tersebut membuat masyarakat Indonesia menjadi terpecah belah. Maka kita selaku manusia yang beragama harus menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia ini agar tetap menjadi negara yang aman, rukun dan tenteram. Kerukunan umat beragama yaitu adanya suatu hubungan antara sesama umat beragama yang dilandasi oleh toleransi agama. Toleransi agama yaitu sikap saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai tanpa adanya diskriminasi apapun, khususnya dalam hal agama. Kerukunan umat beragama merupakan hal yang sangat penting untuk tercipatnya persatuan dan kesatuan di bangsa Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, bahwa bangsa Indonesia memiliki keragaman suku, etnik, bahasa, budaya, dan agama. Dengan banyaknya keragaman tersebut, khususnya dalam beragama maka penting bagi kita semua untuk saling menjaga kerukunan umat beragama agar negara ini menjadi tetap menjadi sau kesatuan yang utuh. Kerukunan umat beragama merupakan unsur yang sangat penting yang harus dijaga dan dilindungi oleh bangsa Indonesia yang dimana mempunyai berbagai macam suku, ras, bahasa, budaya, dan agama.

Halaman:

Editor: Priyo Pamungkas Kustiadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Tetapkan Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:28 WIB

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Senin, 19 September 2022 | 07:27 WIB

Safari Literasi Digital, Tingkatkan Kecakapan Netizen

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:52 WIB

Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
X