• Kamis, 1 Desember 2022

Anies Baswedan Serahkan Dua Unit Mobil Damkar ke Kabupaten Kuningan

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 20:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta serahkan 15 unit kendaraan operasional Damkar.
Gubernur DKI Jakarta serahkan 15 unit kendaraan operasional Damkar.

CiremaiNews.com, KuninganGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan dua unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dengan kapasitas 10 ribu dan empat ribu liter kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, di Balai Agung Kota, DKI Jakarta. Rabu (5/10) kemarin.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan bantuan hibah kendaraan operasional damkar (KOD) bagi Provinsi / Kabupaten / Kota kepada 14 pemerintah daerah tersebut, diantaranya Kota Probolinggo, Kota Banjarmasin, Kota Pariaman, Kota Palopo, Kabupaten Brebes, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Alor, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Sigi, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Lampung Utara, dan Kabupaten Padang Pariaman.

Baca Juga: Emak - Emak di Kuningan, Usung Anies Baswedan Sebagai Presiden 2024

Acara serah terima KDO Damkar ini dilanjutkan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan 11 Kepala Daerah tentang pengembangan potensi daerah serta pelayanan publik, antara lain Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sumatera Barat, Pj. Gubernur Maluku Utara, Walikota Solok, Walikota Malang, Walikota Bengkulu, Bupati Maluku Tengah, Bupati Tanah Datar, Bupati Solok, Bupati Kuningan dan Bupati Jember.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan penyerahan hibah mobil Pemadam Kebakaran sesuai dengan mekanisme pemberian bantuan atau hibah kendaraan operasional pemadam kebakaran yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi bersama antar Pemerintah Daerah yang dimulai dengan adanya permohonan dari  Provinsi/Kabupaten/Kota lain terkait kebutuhan kendaraan operasional di daerah yang belum memadai.

" DKI Jakarta merasakan topangan dari berbagai wilayah lain di Indonesia karena warga dari daerah yang dididik oleh masing-masing gubernur, bupati, dan wali kota, berkaryanya di Jakarta, sehingga membuat DKI Jakarta makin berkembang," ujar Anies.

Serah terima belasan mobil damkar ke sejumlah Kabupaten/Kota.

Anies berharap kendaraan operasional Damkar bisa dimanfaatkan secara optimal dan membantu mencapai standar pelayanan minimal.

“Dengan adanya bantuan hibah ini dapat membantu Pemda penerima bantuan damkar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan melakukan pemeliharaan Damkar tersebut melalui APBD masing-masing,” imbuh Anies. 

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Tetapkan Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:28 WIB

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Senin, 19 September 2022 | 07:27 WIB

Safari Literasi Digital, Tingkatkan Kecakapan Netizen

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:52 WIB

Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
X