• Kamis, 1 Desember 2022

Lestarikan Budaya Lokal Melalui Game, Lokapala Mendapat Dukungan dari Ganjar Pranowo

- Sabtu, 8 Oktober 2022 | 07:24 WIB

Jakarta – Semakin berkembangnya industry e-sport di Indonesia membuat sebuah studio kreatif membuat games berbasis MOBA 5v5 dengan sentuhan budaya Nusantara.

CEO Anantarupa Studios, Ivan Chen mengatakan games yang bernama Lokapala ini mengadakan turnamen yang telah diikuti sebanyak 500 orang. Pada Grand Final Piala Gubernur Grab Ksatriya Pilih Tanding yang diadakan pada 1 Oktober 2022 di Solo Grand Mall menjadi salah satu wujud dukungan pemerintah provinsi Jawa Tengah dalam mengangkat budaya dari nusantara.

“Sekarang ini game bukan hanya untuk rekreasi, melainkan dapat menjadi medium dalam memperkenalkan budaya dan sejarah Nusantara, khususnya pada generasi muda Indonesia yang didominasi oleh usia produktif,” ujar Ivana kepada wartawan, Jumat 07 Oktober 2022.

Ivana mengaku melalui Lokapala, kami mempunyai misi untuk terus memperkenalkan ksatriya- ksatriya Nusantara yang mempunyai kisah dan semangat inspiratif.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Odo RM Manuhutu mengatakan Indonesia merupakan pasar utama yakni sebesar 36 triliun tahun 2022. Akan tetapi, games local hanya menguasai 0.5%, lebih dari 99% market Indonesia masih dikuasai oleh game-game impor.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan industri game lokal. Hal ini juga sejalan dengan Keputusan Presiden tentang 7 kelompok kerja pengembangan industry game dan target penguasaan market game nasional sebesar 70% di tahun 2024,” Ujar Odo.

“Untuk mencapai hal ini diharapkan pemimpin-pemimpin lembaga dan pemerintah daerah berperan dalam mendukung produk-produk lokal seperti Lokapala ini” tambahnya.

Dalam mempopulerkan games ini kepada masyarakat. Lokapala melakukan preview ksatriya terbaru Lokapala Suryakusuma yang terinsipirasi dari sosok Mangkunegaran I. Mangkunegaran I adalah Raja pertama di Istana Mangkunegaran.

Sosok yang dikenal sebagai Pangeran Sambernyowo ini tercatat di dalam sejarah punya perawakan kecil namun memiliki sorotan mata yang tajam.

Halaman:

Editor: Priyo Pamungkas Kustiadi

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Tetapkan Enam Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 6 Oktober 2022 | 21:28 WIB

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Senin, 19 September 2022 | 07:27 WIB

Safari Literasi Digital, Tingkatkan Kecakapan Netizen

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:52 WIB

Pemuda Desa Ciwaru Rayakan Hari Jadi ke 172 Tahun

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:08 WIB
X