• Kamis, 9 Desember 2021

Permainan Dibalik Bisnis Getah Pinus di Kawasan Konservasi, Kuningan Termasuk

- Jumat, 26 November 2021 | 00:33 WIB
Ketua BP FK3I Jawa Barat
Ketua BP FK3I Jawa Barat

  Belum sampai satu tahun, informasi penegakan hukum (Gakkum) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan aparat kepolisian sita truk getah pinus  dari penyadapan ilegal di kawasan konservasi. Namun setelah ditelusuri data dan fakta hal tersebut atas dasar laporan dan indikasi ternyata telah diselesaikan melalui kompromi hukum yang dilakukan kedua belah pihak.

 

Yang menarik dari proses ilegal aktifitas adalah ternyata bukan hanya satu titik masalah tersebut terjadi. Rupanya beberapa kawasan pun ada, seperti diorganisir untuk melakukan penyadapan ilegal oleh pihak - pihak yang mempunyai kepentingan akan hasil getah dan bekerjasama sama Pemerintah Desa (Pemdes).

Skema pencurian getah pinus di kawasan konservasi dilakukan dengan cara ilegal dan baru dilakukan proses pengajuan legal.

 

Data tersebut sedang diinvestigasi terjadi di Sukabumi, Sumedang, Kuningan dan beberapa daerah sedang kami inventarisir.

 

Satu hal yang harus kita pertanyakan, kemana para pengelola kawasan sebagai  penjaga kawasan ? takut atau bersekongkol ? Diam dan menerima manfaat ? Menurut kami data dan fakta luasan sadapan ilegal bisa jadi hampir sebanding dengan luasan sadapan legal dan bisa jadi saling klaim.

 

Halaman:

Editor: Andini Rahmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X